Friday, September 25, 2009

Van de Sar Pensiun??

Penjaga gawang veteran Manchester United, Edwin Van de Sar dikabarkan akan gantung sepatu akhir musim ini. Pria jangkung asal Belanda ini digosipkan pensiun akibat cedera pada tangan dan juga usianya yang kian senja. Namun pelatih United, Sir Alex Ferguson memberikan kekebasan untuk mantan penjaga gawang Juventus dan Fulham ini dalam mengambil keputusan.

Berikut ini adalah history dari Van de Sar :
Penjaga gawang yang kini berusia 38 tahun ini memulai karirnya profesionalnya di Ajax Amsterdam yang saat itu dilatih oleh Louis Van Gaal. Bersama Ajax Amsterdam, Van de Sar membawa Ajax menjuarai piala UEFA tahun 1991-1992 dam UEFA Champion League 2 tahun kemudian. Membawa timnya menjuarai Eropa, dia pun terpilih menjadi kiper terbaik Eropa tahun 1995. Di tahun berikutnya, dia sempat membawa Ajax kembali ke final UEFA Champion League namun kali ini harus mengakui keunggulan Juventus lewat adu penalti.

Tahun 1999, Van de Sar pun diboyong ke Turin. Namun hanya bertahan sementara waktu setelah kedatangan kiper terbaik Italia, Gianluiggi Buffon, dia pun kerap dibangkucadangkan. Hal ini membuatnya tidak betah dan akhirnya dia pun dilego ke klub premier Inggris, Fulham tahun 2001. Bersama The Cottagers, Van de Sar melakoni 129 caps.

Kepiawaiannnya dalam menghadang serangan lawan membuat Sir Alex Ferguson kepincut mendatangkannya ke Old Trafford. Dan pada tahun 2005, Van de Sar resmi mengenakan kaos United dan diprediksi akan menjadi penerus kiper legendaris United, Peter Schemeichel.

Bersama Setan Merah, dia pun berperan serta dalam meraih berbagai gelar juara. Dan akhirnya dia pun kembali terpilih menjadi kiper terbaik versi UEFA Champion League tahun 2009. Prestasi yang pernah dia peroleh 14 tahun yang lalu di Ajax.

Akankah Van de Sar memutuskan untuk gantung sepatu akhir musim ini? Ataukah dia masih mampu melanjutkan karir profesionalnya untuk beberapa tahun ke depan?

No comments:

Post a Comment