Wednesday, July 29, 2009

Ancelotti Hembuskan Hidup Baru Chelsea

Setelah Carlo Ancelotti diangkat menjadi pelatih Chelsea, pemilik Chelsea menyadari dengan cepat bahwa inilah jalan menuju kemenangan.

Baru beberapa minggu awal kepergian dirinya dari AC Milan, klub telah bersamanya selama 8 tahun terakhir, kini Carlito telah melatih di luar Italy untuk pertama kalinya.

Ancelotti tentu saja merasa was-was pasalnya pelatih sekaliber Luiz Felipe Scolari pernah didepak di musim lalu.

Jika seorang pelatih nasional juara World Cup seperti Scolari saja dapat didepak, maka prestasi segudang Ancelotti di Milan pun belum tentu mempengaruhi Chelsea yang masih terpikat oleh kelihaian Jose Mourinho.

Namun saat melihat Ancelotti beberapa menit di sesi latihan pertama bersama tim maka dapat dinilai bahwa dia dapat memikat tim barunya untuk bekerja bersama-sama dan lebih keras.

Mengingat ketidakcocokan yang dirasakan pemain saat Scolari menerapkan latihan keras yang diberikan di masa Mourinho, Ancelotti pun belajar teknik kepelatihan di mantan klubnya AC Milan.

Para pelatih-pelatih fitness telah membantu pemain-pemain seperti Paolo Maldini, Alessandro Costacurta, Clarence Seedorf dan Alessandro Nesta yang notabene telah berusia di atas 30 tahun untuk tetap fit.

Hal yang dilakukan kepada Maldini dkk ingin diterapkan sama untuk Didier Drogba, Frank Lampard, Michael Ballack, Ricardo Carvalho dan Nicolas Anelka di klub London barat tersebut.

Sama seprti di Milan, Ancelotti ingin membentuk tim yang walaupun telah berusia namun tetap menujukkan kualitas serta memiliki semangat luar biasa untuk sukses.

Mereka pun bertekad untuk berjuang sekuat tenaga untuk mencapai itu dan Ancelotti bermaksud menggunakan pelajaran yang didapatnya di Italy sehingga pemain-pemain tua nya dapat terus berada di puncak untuk beberapa tahun lagi.

“Saya telah menemukan tim yang sangat bagus dalam kualitas kemampuan bermain, mentalitas dan attitude dalam bekerja.” Katanya. “Mereka bekerja dan berkonsentrasi sangat keras. Saya menyukainya dan saya terkejut karena saya tidak pernah mengira itu sebelumnya. Saya sangat bahagia karena kerjasama tim adalah hal terpenting untuk menang.”

“Latihannya sangat berat. Di sini pemain berlatih keras. Saya akan mencoba membuktikan mereka sekarang lebih baik.”

Semua kerja keras akan sia-sia bila Chelsea tidak mengakhiri keinginan Abrahamovic untuk membuat klubnya menjadi juara eropa.

Setelah kalah di semifinal atau final Liga Champion selama lima kali dalam enam musim, kompetisi antar klub elite eropa ini menjadi sebuah obsesi unutk Chelsea.

Ancelotti berharap Abrahamovic tetap mendukungnya walaupun hasilnya lambat terealisasi.

Milyuner Rusia ini telah mengganti tiga manager sejak kepergian Mourinho pada September 2007, namun kemampuannya mempengaruhi John Terry menolak tawaran dari Manchester City itu mengindikasikan bahwa ia selalu mendukung manager barunya itu.

Belanja besar-besaran Manchester City dan Real Madrid membuat Chelsea lebih sulit memonopoli pasar transfer dengan dana besar.

Namun striker muda berbakat yang direkrut dari City Daniel Sturridge dan gelandang Rusia Yuri Zhirkov telah membuat kontribusi yang berarti untuk klub selama tur di Amerika.

No comments:

Post a Comment